Select Hospital/Clinic
Denpasar Polyclinic Admission
  (0361) 3003030 (0361) 3004141
Fisioterapi

Kasih Ibu Hospital Denpasar kini melayani Fisioterapi

Senam Hamil

RS Kasih Ibu Denpasar menyelenggarakan program senam hamil.

Hemodialysis

Fasilitas Hemodialisa sudah tersedia di Kasih Ibu General Hospital Denpasar

CT Scan 16 Slices

Upgrade fasilitas CT Scan dari Single Slice menjadi 16 Slices


Hospitals & Clinic

Kasih Ibu Hospital Kedonganan.....

Kasih Ibu Hospital Tabanan.....





Subscribe to
Kasih Ibu Hospital Newsletters

 

RSU Kasih Ibu Kenalkan Poli Infertilitas dan Inseminasi Melalui Seminar Medis


DENPASAR, TRIBUN BALI – Rumah Sakit Kasih Ibu Denpasar memperkenalkan unit pelayanan baru yakni Poli Infertilitas dan Inseminasi yang baru beroperasi sejak satu bulan belakangan ini. Dalam rangka memperkenalkan poli baru itu, RS Kasih Ibu menggelar seminar bertajuk Medical Discussion: Practical Guide IUI (Intra Uterine Insemination) At Kasih Ibu Hospital Denpasar.

Seminar Medis yang berlangsung di Auditorium Lantai IV RSU Kasih Ibu Denpasar, Sabtu (26/11),menghadirkan dua pembicara yakni dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan Sub Fertilitas, dr. Kesumadana, SpOG (K) serta spesialis Andrologi, dr. Yukhi Kurniawan, Sp. And seminar ini diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari dokter spesialis kandungan, dokter umum maupun bidan.

"INFERTILITAS DAN INSEMINASI"

Pada kesempatan itu, dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan Sub Fertilitas RSU Kasih Ibu, dr. Kesumadana, SpOG (K) mengatakan inseminasi merupakan salah satu pilihan bagi pasangan suami istri dalam upaya menghasilkan keturunan apabila tidak berhasil dengan cara alami “Bila ada pasangan tanpa alat kontrasepsi masih belum memiliki keturunan atau sulit hamil maka, inseminasi bisa menjadi pilihan setelah dilakukan berbagai upaya alami mulai dari pemberian obat penyubur pria dan wanita, waktu behubungan, mengetahui kapan masa subur dll, ” jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut, Inseminasi merupakan metode kedokteran yang populer untuk membantu mempercepat proses kehamilan. dimana caranya adalah dengan memasukkan sperma yang sudah diolah oleh dokter ahli andrologi kemudian sperma di tampung dalam sebuah pipet khusus lalu dimasukkan ke rahim.Perlu diketahui pula bahwa sebelumnya istri diberikan obat untuk bisa di atur masa suburnya. Tujuannya untuk mempertemukan langsung sperma yang disuntikkan dengan sel telur pada saluran telur” jelasnya.

Inseminasi juga dianggap dapat meningkatkan kehamilan pasutri yang ingin memiliki momongan. Dokter Kesumadana menjelaskan ada tiga pokok penyebab kesulitan hamil bagi pria dan wanita yang ingin mendapatkan keturunan, yaitu : sperma, sel telur dan saluran telur/tuba. Bagi wanita, menstruasi tidak teratur, nyeri haid maka bisa dianggap sel telur yang dimiliki kurang subur, namun hal tersebut bisa diatasi dengan memberikan obat penyubur dan obat obat pereda nyeri terlebih dahulu.

Selain itu, pada pria jika jumlah sperma kurang dari 20 juta, gerakan dan bentuk normal yg kurang baik bisa disebut sebagai satu diantara penyebab kesulitan menghasilkan keturunan. Namun itu bisa diatasi dengan metode yang dimiliki pihaknya.. Saluran telur tempat bertemunya harus tidak buntu keduanya atau minimal salah satunya masih baik, caranya mengeceknya dengan melakukan rontgen (HSG). Jika sperma masih kurang dari jumlah normal, maka perlu dilakukan inserminasi, jika sel telurnya tidak subur maka akan diberikan obat penyubur” ungkapnya.

Sementara itu, dokter spesialis Andrologi, dr. Yukhi Kurniawan, Sp. And, mengungkapkan selain jumlah sperma yang kurang dari 20 juta, kendala lain bagi pria dalam menghasilkan keturunan ialah lemahnya gerakan sperma serta keutuhan sperma.

Meskipun bisa diatasi dengan Inseminasi, Yukhi menjelaskan ada beberapa faktor yang menyebabkan kendala tersebut dialami para pria. Polusi, makanan, tingkat stress disebut sebagai penyebab jumlah sperma yang di bawah normal.

“Polusi semakin banyak, kalau makanan contohnya seperti ayam banyak yang menyuntikan hormon pertumbuhan agar ayam cepat di panen mirip dengan hormon wanita. Maka bisa mempengaruhi, hormon laki-laki bisa tertekan jika kita mengonsumsi ayam yang sudah disuntikan hormon pertumbuhan” jelasnya.

Yukhi juga mengatakan para pria juga perlu menjaga suhu alat vitalnya, agar testis bisa menghasilkan sperma yang optimal. “jika tubuh bersuhu 37 derajat, testis membutuhkan suhu 36 derajat ke bawah untuk membentuk sperma” jelasnya.

Oleh karena itu, pria diimbau untuk tidak menggunakan celana ketat atau berlapis yang bisa menyebabkan testis merasakan suhu yang panas yang bisa menyebabkan varises pada testis yang hanya akan menghambat pembentukan sperma yang kurang optimal.

 
Other KIH News
April 30, 2016 : Transcranial Magnetic Stimulation (TMS) Hanya Ada di RS Kasih Ibu Denpasar
January 30, 2015 : RSU Kasih Ibu Denpasar Miliki Alat Medis IONM
August 28, 2014 : Operasi Implan Kini Bisa di RSU Kasih Ibu Denpasar
August 26, 2014 : ESWL Menghancurkan Batu Ginjal dari Luar Tubuh
July 31, 2014 : PERLUKAH VAKSINASI PADA ORANG DEWASA
   

Find Doctor
Specialist

Feedback
Name
Email Address
Comments
See All Feedback

 


Kasih Ibu Hospital
Home
News
Event
Article
Contact Us
Career
Facilities
Diagnostic Support Unit
ICU & ICCU
Radiology
International Division
Medical Checkup
Polyclinic
Emergency 24 Hour
FLOW OUTPATIENT
HOSPITAL PATIENT FLOW
Statistic
Visitor Today: 10
Total Visitors : 187140
Hits Today : 67
Total Hits : 889194
Online Visitors: 5
Contact Us
Denpasar
Jl. Teuku Umar 120 Denpasar Bali, Indonesia 80114
(0361) 3003030
-
-
Email : care@kasihibuhospital.com
Corporate Inquiry : ccr@kasihibuhospital.com

Copyright © 2009 - 2013 Kasih Ibu Hospital - Patient Safety and Service Excellence Is Our Priority  
Follow us on