Select Hospital/Clinic
Denpasar Polyclinic Admission
  (0361) 3003030 (0361) 3004141
Fisioterapi

Kasih Ibu Hospital Denpasar kini melayani Fisioterapi

Senam Hamil

RS Kasih Ibu Denpasar menyelenggarakan program senam hamil.

Hemodialysis

Fasilitas Hemodialisa sudah tersedia di Kasih Ibu General Hospital Denpasar

CT Scan 16 Slices

Upgrade fasilitas CT Scan dari Single Slice menjadi 16 Slices


Hospitals & Clinic

Kasih Ibu Hospital Kedonganan.....

Kasih Ibu Hospital Tabanan.....





Subscribe to
Kasih Ibu Hospital Newsletters

 

Operasi Bedah Saraf Dengan Tehnik Awake Craniotomi di RSU Kasih Ibu Denpasar


Photo Resource : KIH.

Kasih Ibu General Hospital Denpasar sesuai dengan visinya untuk menjadi rumah sakit yang terdepan dalam mutu telah melakukan operasi bedah saraf sejak tahun 1992 dan sampai sekarang telah menangani banyak kasus bedah saraf. Kasih Ibu General Hospital Denpasar telah melengkapi diri dengan berbagai alat diagnostik canggih seperti MRI yang merupakan satu-satunya di Bali, melengkapi alat-alat untuk meningkatkan keberhasilan operasi dan sejak pertengahan tahun 2008 telah memiliki mikroskop Zeiss OPMI Sensera / S 7 (germany) yang juga merupakan satu-satunya di Bali untuk meningkatkan ketelitian operasi bedah saraf.

operasi tumor otak memerlukan ketelitian tinggi

Operasi Tumor

Operasi tumor otak memerlukan ketelitian yang sangat tinggi untuk menghindari adanya jaringan otak sehat ikut terpotong saat bagian tumor diambil. Berbagai alat bedah dikembangkan sampai alat bantu seperti mikroskop dilibatkan untuk meningkatkan ketelitian tersebut sehingga komplikasi pasca operasi dapat ditekan. Selain faktor alat dan tehnik pembedahan, kondisi pasien yang stabil selama operasi bedah saraf (yang biasanya berlangsung lama) yang didapat dengan tehnik dan obat anestesi yang tepat juga berperan meningkatkan keberhasilan operasi dan menekan komplikasi.

Terobosan terbaru dalam tehnik anestesi untuk operasi bedah saraf adalah tehnik awake craniotomy atau bedah saraf saat kondisi pasien sadar. Tehnik awake craniotomy digunakan untuk menentukan batas antara jaringan otak normal dengan tumor dengan cara memberi rangsangan listrik pada jaringan tersebut. Bila memberi efek seperti diharapkan, berarti jaringan otak normal sehingga perlu dipertahankan, sementara bila tidak bereaksi berarti jaringan tumor yang harus diangkat. Saat pemeriksaan inilah pasien diminta untuk menggerakkan tangan/kaki, berbicara maupun melakukan gerakan lain sesuai fungsi area otak disekitar tumor. Saat pemeriksaan tersebut pasien dapat melakukan gerakan sesuai perintah (sadar), sementara pasien tetap tidak merasakan nyeri maupun hal-hal lain yang menyebabkan tidak nyaman

harus didukung oleh alat diagnostik canggih

Prosedur Operasi Pasien

Tanggal 4 september 2009, seorang pasien dengan tumor otak berhasil dioperasi dengan hasil memuaskan dengan tehnik awake craniotomy. Pasien dengan keluhan tidak bisa menggerakkan tangan kanan dan setelah melalui berbagai pemeriksaan diagnostik, disimpulkan terdapat tumor otak di daerah temporal dan direncanakan operasi bedah saraf dengan teknik anestesi awake craniotomy.

Selama prosedur operasi pasien nyaman dan saat diminta menggerakkan keempat anggota gerak, pasien dapat mengikuti perintah sehingga berhasil ditentukan batas antara jaringan otak normal dengan jaringan tumor dimana jaringan tumor pada pasien ini menekan daerah pusat gerak. Dengan batas yang telah jelas selanjutnya pengangkatan jaringan tumor dapat dilakukan dengan maksimal. Selesai operasi, pasien dirawat di ruang ICU dan mulai sadar dengan nyaman tanpa komplikasi dan sehari kemudian dapat menggerakkan tangan kanannya jauh lebih baik dibandingkan sebelum operasi. Dengan fisioterapi intensif diharapkan kekuatan tangan kanan tersebut akan makin baik.

 
Other KIH News
November 28, 2016 : RSU Kasih Ibu Kenalkan Poli Infertilitas dan Inseminasi Melalui Seminar Medis
April 30, 2016 : Transcranial Magnetic Stimulation (TMS) Hanya Ada di RS Kasih Ibu Denpasar
January 30, 2015 : RSU Kasih Ibu Denpasar Miliki Alat Medis IONM
August 28, 2014 : Operasi Implan Kini Bisa di RSU Kasih Ibu Denpasar
August 26, 2014 : ESWL Menghancurkan Batu Ginjal dari Luar Tubuh
   

Find Doctor
Specialist

Feedback
Name
Email Address
Comments
See All Feedback

 


Kasih Ibu Hospital
Home
News
Event
Article
Contact Us
Career
Facilities
Diagnostic Support Unit
ICU & ICCU
Radiology
International Division
Medical Checkup
Polyclinic
Emergency 24 Hour
FLOW OUTPATIENT
HOSPITAL PATIENT FLOW
Statistic
Visitor Today: 198
Total Visitors : 194188
Hits Today : 578
Total Hits : 911124
Online Visitors: 3
Contact Us
Denpasar
Jl. Teuku Umar 120 Denpasar Bali, Indonesia 80114
(0361) 3003030
-
-
Email : care@kasihibuhospital.com
Corporate Inquiry : ccr@kasihibuhospital.com

Copyright © 2009 - 2013 Kasih Ibu Hospital - Patient Safety and Service Excellence Is Our Priority  
Follow us on